Posted by: agpaii kota bandung | January 18, 2011

VISI, MISI dan TUJUAN AGPAII

Visi, Misi, dan Tujuan PDF Print E-mail
Written by ahsan   
Monday, 20 April 2009

ASOSIASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INDONESIA

(AGPAII) 

A. VISI

“Mewujudkan Organisasi Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang profesional dalam rangka meningkatkan kualitas kepribadian Islam yang kaffah bagi peserta didik (siswa/murid) di sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA/SMK) menuju kemuliaan Islam dan kaum muslimin

B. MISI

 1. Sebagai wadah berkumpulnya pemikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi, memberdayakan potensi sebagai ikhtiar mengembangkan mutu proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang optimal serta meningkatkan kesejahteraan GPAI melalui jalinan silaturahmi antar pengurus atau anggota dalam organisasi profesi AGPAII.

2. Menjadi wadah bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) agar berkomitmen untuk selalu mendidik, membimbing, melatih dan menyiapkan para peserta didik, sehingga memiliki kemampuan berkreasi, mengatur dan memelihara kreasinya (tetap di jalan fitri, atau Sa’adah fiddarain), agar selalu memberikan maslahat bagi diri, masyarakat dan dunia secara luas (rahmat bagi seluruh alam)

3.   Menjadi tempat bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) agar memiliki komitmen dalam meningkatkan mutu keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah peserta didik, sehingga  mampu menjadikan  setiap diri (siswa,  guru dan seluruh civitas pendidikan) sebagai model (uswah sekaligus ibrah ) dan pusat suri tauladan atau contoh (centre of self identivication) yang pada akhirnya memberikan warna budaya Islam di lingkungan sekolah (school Islamic culture).

4.   Saling bekerja sama dengan organisasi profesi, instansi dan lembaga terkait dan yang relevan, agar mampu mengemban amanah yang diberikan dan bertanggung jawab dalam membangun peradaban di masa depan yang damai, ramah dan sejahtera (maslahatul ummah, wathaniyah dan basyariyah) yang berbasis kepada nilai-nilai Rabbani atau Ilahiah.

5.   Menjadi wadah meningkatkan kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas GPAI, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat, serta memperoleh jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

C.   TUJUAN

1.    Meningkatkan komitmen terhadap profesionalitas, yang melekat pada setiap Guru Pendidikan Agama Islam GPAI sifat dedikatif (amal ibadah, ikhlas), komitmen terhadap prinsip-prinsip manajemen, mutu proses dan hasil kerja (produk atau jasa), serta sikap yang selalu meningkatkan mutu secara berkesinambungan (kamaliatul amal atau continous improvement).

2.    Secara berkesinambungan terus menata, memberdayakan dan meningkatkan mutu proses, pelaksanaan dan hasil pembelajaran bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), sehingga peserta didik mampu menguasai dan mengembangkan serta menjelaskan fungsi ilmu dalam kehidupan nyata, memilah  dan  memilih  dimensi  teoritis  maupun  praktiknya,  serta  mampu  melalukan transformasi, internalisasi dan implementasi ilmu kepada para siswa (Iman, Islam, Ihsan atau Aqidah, Syariah dan Akhlakul Karimah)

3.    Meningkatkan dan mewajibkan GPAI memiliki kualifikasi akademik, kompetesi, dan sertifikat pendidik, sebagai bagian dari penataan internal guru, agar menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Kualifikasi akademik guru adalah program sarjana atau diploma empat (S1/D-IV), sedangkan Kompetensi meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Sementara itu, Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan baik kualifikasi akademik maupun kompetensi.

4.    Memberikan masukan kepada pemerintah dan atau penentu political will yang terkait dengan kebijakan khusus dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah; Mengawal pelaksanaan Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) Nomor 14 tahun 2005 secara proporsional; serta Merespon dan memberikan adjusment terhadap berbagai isu-isu yang berkembang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

5.    Memberikan presure terhadap rancangan kebijakan yang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan atau berbagai hal lain yang terkait dengan Guru Pendidikan Agama Islam kepada pihak-pihak yang memiliki otoritas pada bidang tertentu; serta membangun sinergi dengan MP3A (Majelis Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan Agama dan Keagamaan Pusat) dalam upaya melakukan telaah dan masukan kebijakan yang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam.

Di download dari www.agpaii.org


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: